Monday, October 30, 2006

Nyanyi Lageee...

OPK 2006 memang menjadi salah satu moment yang bikin gw bangga dan terhibur... Sangat menyenangkan sekali deh. Tapi, di balik segala suka, mengintip sang duka dengan mata terpicing gak jelas (apaan seh?). Berikut ini adalah salah satu kisah kelam yang menjadi konsekuensi kehadiran gw dalam event brutal tersebut...

Gw udah pernah cerita (kayaknya) kalo suara gw 'berubah' sejak OPK. Ada seh yang bilang penampilan suara gw di OPK tuh OKs banget (banyak tuh) bahkan 1 oktaf lebih tinggi dari orang laen (nah, yang ini jelas berlebihan... Tapi gpp, pujian nggak boleh ditolak kan :p)... Now, the fact is... Suara gw TURUN, coy!!! Yup, turun! Bukannya turun pamor ya (ini seh nggak mungkin la yauw), tapi dalam arti jangkauan nada yang dulunya bisa gw raih, kini nggak lagi bisa gw capai... (and that s*cks!)

Ceritanya, di hari Selasa kemaren gw iseng-iseng dateng ke latian AV (Alta Vide, sebuah kelompok paduan suara mahasiswa2 Katolik di Jakarta Selatan, jadinya bareng bocah2 Poltek, GunDar, UP, dll dah). Maklum, udah lama banget gw nggak ikutan n bersuara merdu bersama (ceileh, merdu matamu! Ups, beneran koq merdunya). Nah, pas gw dateng, secara tiba-tiba si JC (organis, skaligus pelatih) langsung teriak "Eh, Nal, elo solis The Prayer ya!" .......Siiinnggggg....... Krik.. krik.. krik.. krik.. krik.....
What??? Gile nih orang, baru aja gw nongol udah ditodong gitu! (emang sih, kayaknya ini tradisi gila AV, orang yang baru nongol disuruh jadi solis. Waktu gw gabung aja, si Anye, pelatih saat itu, nyuruh gw solis 'Panis Angelicus' yang secara, lagu khas Charlotte Church yang suaranya cuma bisa disaingin ama Mariah Carey!!! Untung doi berbaik hati merevisi, jd gw akhirnya nyanyi 'Tak Sebebas Merpati'nya Kahitna).

Kembali ke 'penodongan' yang serta merta dan amat tidak senonoh tadi, setelah ber-brain-storming sejenak, gw pun langsung berkata "OK!" Bukannya apa-apa, tapi kayaknya gw masih bunyi deh (sadar diri, coy!!! Inget umur!!!). Partner gw si Nindy, cewek FISIP yang suaranya asli alus banget (lo bayangin aja dah suara alus di-mix ama suara 'berat' khas Tibum... Nah itu dia hasilnya. Bagus kan??? Baguuuussss...) Karena AV tuh latiannya cuma Selasa ama Jumat, n weddingnya hari Sabtu, otomatis gw nggak punya banyak waktu latian. Sejak Selasa malem itu, MP3 'The Prayer'nya Celine Dion feat. Andrea Bocelly terus menerus diputar di komputer gw (and I mean it literally! Tuh satu lagu diputer berulang-ulang)

Satu kenyataan pahit yang akhirnya harus gw terima : I can't afford it anymore!!! Huuuu... Hiks.. hiks.. hiks.. Just imagine, dulu gw jelas-jelas bisa ngimbangin suara si Andrea (alah, sok kenal lu!) yang gw yakin minimal maen di kunci F#! Sekarang... bahkan untuk nada dasar E (Nindy sendiri yang minta turunin, JC soalnya malah minta F! Gendeng banget ya?) gw harus FACET sodara-sodara!!! Gila, malu banget gw! Kayaknya Ronald pake suara facet tuh kejadian yang super langka deh di AV... Tapi, begitulah kenyataannya... Penyebabnya udah jelas : Ospek nggak jelas (yang dibenci tapi disayang ;) ). Tapi, mo gimana lagi, jalanin aja dah...

@ The D-Day, gw ud nervous banget tuh... (hehehe, nggak cuma pengantennya doang kali yang gemeter, solisnya juga neh :p). Yang bikin gw tambah tegang, gw baru inget kalo mic di Theresia tuh super-sensitif bwt solis (iya, bwt koornya gak terlalu ngepek, tapi kalo bwt solis, mendesah dikit aja langsung menggelegar!!! Hiperbolis banget yak? Tapi bener lhoo...)... Lagu demi lagu pun terlewati, dan akhirnya... taraaaa... it's my turn! Hold a deep breath... and... Action!!! Anjrit, nada kalimat ketiga gw ampir meleset! Untung masih bisa transpose dengan cepat... Hehehe, kalo gak tau lagu aslinya gak bakal nyadar deh... Dan... kata-demi-kata terus mengalir... (santai aja lah, teksnya udah hapal banget neh... Rada-rada Spanyol gitu deh, eh, apa Itali ya? Pokoke latin d).
Di lagu ini, minimal ada 4 titik krusial : Yang pertama tuh kalimat ketiga ("A rico darci che") tiba-tiba naeknya nukik tajam ke atas, trus jatuh dengan cara yang sama. Di sini ini lah yang gw bilang ampir kepleset itu (udah seh, cuma improve-nya keren, jadi gak kentara :p)
Yang kedua pas muncul sang nada kedua tertinggi dalam lagu ("Ognuno di la, Mano el soooo Vicino...") Yg bikin nyesek bukan cuma tingginya (beda setengah kayaknya ama nada tertinggi), tapi karena ditahannya itu lhoooo (bener2 permata yang nggak disia-siakan organis tuh!). Di sini, unbelievably, GW NYAMPE sodara-sodara!!! Wuah, seneng banget, bisa nyaring tanpa facet... (pake gaya merem lagi, takut ilang konsen soalnya ;> )
Yang ketiga, pas kalimat "Give us faith so we'll be safe" kedua (ada dua kalimat kayak gitu). Repotnya adalah karena ini dinyanyikan duet, n si cewek make nada atas, gw make nada bawah. Nah lho, kan gw biasa yang atas, jadi di sini mesti ekstra konsen, kalo enggak... Bakal keseret deh ama si cewek... So, apa yang terjadi??? Ummm, gw... KESERET!!! (huuuuu... malu deh, kepincut suara lembut seh, ilang konsen deh...). Yaaa, nobody's perfect kan? Even a solist! (hehehe, pembenaran diri neh... kan yang penting lagunya gak rusak :p )
Dan poin tersulit lagu ini... The final sentence ("Sento che ci Salveraaaaaaaaa"). Di sinilah kehebatan seorang solis benar2 diuji! Penyebabnya : (1) Di kalimat ini lah sang nada puncak terletak! (2) Karena permata yang fading, maka vokalnya harus ditahan selama mungkin, biar ada efek yang bagus! (3) Cewek belum langsung bunyi, nunggu cowok ud sekitar 4 detik. Jadi, selama 4 detik tersebut, suara sang cowok sendirian lah yang bakal membahana...
Kebayang kan titik paling rawan ini??? Well, titik (1) bisa diakalin lah! Yang (2) wuizzz sukses berat coy!!! Titik (3), hmm, jadi malu... keseret Nindy tuh...
And for the last one...... FACET!!! Ah, sudahlah, tak usah dipikirkan... Biar gak 'normal', yang penting tetep merdu koq. Serius, soalnya gw udah latian spesial biar facetnya nggak 'kasar'... (udah prepared koq...)

Yah, mungkin mesti nunggu 2 bulan-an lagi baru range gw balik seperti semula... Gapapa deh... (waktu baru kelar OPK, make C aja gw gak yakin bisa!)...

Ayooo, semangaaaat!!!
Do..... Re..... Mi..... Fa..... Sol..... La..... Si.... Do.....!!!


----------------------------------------------


Bonus : Song Lyrics of The Prayer...


The Prayer
by : Celine Dion feat Andrea Bocelly


I pray you'll be our eyes, and watch us where we go.
And help us to be wise in times when we don't know.
Let this be our prayer, when we lose our way.
Lead us to a place, guide us with your grace
To a place where we'll be safe.



La luce che tu dai
nel cuore restera
a ricordarci che
l'eterna stella sei. I pray we'll find your light,
and hold it in our hearts
When stars go out each night,
remind us where you are..



Nella mia preghiera
quanta fede c'e.
Lead us to a place Let this be our prayer
when shadows fill our day
guide us with your grace



Give us faith so we'll be safe.


Sogniamo un mondo senza piu violenza,
un mondo di giustizia e di speranza.
Ognuno dia una mano al suo vicino,
simbolo di pace...di fraternita.


La forza che ci dai
e desiderio te
ognuno trovi amor
intorno e dentro se.
Let this be our prayer,
just like every child. We ask that life be kind
and watch us from above.
We hope each soul will find
another soul to love.
Let this be our prayer,
just like every child.


Needs to find a place, guide us with your grace
Give us faith so we'll be safe
E la fede che hai acceso in noi
sento che ci salverai.....


-----------------------------------

No comments: