Monday, November 13, 2006

JazzClin...

Hmmm, yah lumayan lah (capeknya). Eventhough mungkin bukan mahakarya gw dalam pencapaian kepanitiaan, tapi gw cukup puas karena ada beberapa hal yang gw pelajari dan gw sadari hal ini. Minimal terdapat dua hal:


Pertama :
Jazz ternyata mengasyikkan! Dulu gw nggak terlalu tertarik terhadap jenis musik ini. Cenderung terlalu melankolik, dan ambigu. Bikin bingung aja. Well, enggak sampe antipati sih, gw tetap menerima dan mengakuinya sebagai salah satu jenis musik, dan tentunya tetap gw hormati keberadaannya. Yup, gw adalah 'penikmat' musik, jadi gw merasa comfort dengan musik2 yang mewarnai kehidupan dunia gw, apapun itu. Penikmat musik beda ama pemerhati musik. Itulah sebabnya, meskipun gw mungkin familiar ama banyak lagu, tapi gw seringkali blengky kalo ditanya itu judulnya apa, or siapa penyanyinya, apalagi teksnya apa aja??? Semua musik pokoke aku nikmati dah!!! (Semuanya kecuali D*ngD*t!!! No thanks dah!!!).

Back to Jazz, kondisi ruangan yang gak terlalu besar (jarak ama sang musisi jadi lebih dekat, literally), sound system yang ciamik (didukung akustik gedung yang memang peruntukkannya), dan tentunya suasana kondusif para penonton yang hadir... Kesemuanya bikin gw bener2 terlena ama nada2 yang dimainin Jazz-ers hebat itu. Ada Om (gw baru tau kemaren kalo 'tradisinya' manggil musisi sepuh itu dengan sebutan ini) Idang Rasjidi, Om Benny Likumahua, Om Beben RM, n beberapa Om-Om serta Mas-Mas Jazz-ers yang semuanya gw akuin jago banget dah!!!
Sekarang gw bener2 ngerti kenapa orang mau-maunya dateng ke konser2, baik yang gede, tapi terutama yang kecil. Atmosfirnya bener2 beda ama yang gw rasain kalo gw liatnya lewat 'kotak-bego-tapi-pintar' gw dirumah...
Satu hal yang bikin jazz berbeda adalah ke-fleksibel-an nya dalam berimprovisasi. Gara-gara satu hal ini, tadi gw sempat mikir, kayaknya jazz bisa mainin Lagu-Tanpa-Akhir deh (tadi ada satu lagu yang lama banget, dan gw yakin banget kalo itu bukan hapalan... Yang bikin gw amazed, 4 musisinya 'asal maen' aja, nggak neko-neko pake partitur or konduktor spesifik, tapi tetep Buagusss Buangetttt)...

Hmmm, bisakah perasaan ini gw dapati pada jenis laennya? Mungkin aja sih ini cuma sekedar 'cinta lokasi', karena gw kebetulan lagi intens n emang berkepentingan ama dia, tapi... sayang rasanya kalo rasa yang mulai mekar ini akhirnya harus layu dan berhenti tumbuh... (alah, mulai ngaco lagi dah bahasanya... Ngemengin apaan seh???)





Kedua :
Wake up, will ya!!!
Harmony isn't created trough compulsion...
Rather, flows from the joy of thankfulness...



~Just dreamin' for the world-peace (at least, MY-world-peace)...~

1 comment:

Roclus said...

Pinginnya seh dateng ke JakJazz, JazzFest, or ***Jazz*** lainnya...
Apa daya, harga susu udah melambung tinggi, belum lagi cicilan KPR... Gimana nasib anak gw nanti... Masa duit bedak gw pake bwt konser Jazz...


~Kejauhan mikir ......~