Monday, January 01, 2007

Turbulence...

Pernah naek pesawat?
Pernah menghadapi cuaca buruk?
Pernah terombang-ambing di udara?


Gw pernah... Dan sudah berulang kali pula (sejak sebelum hari jumat 22 Desember 2006).

Tapi, untuk pertama kalinya gw merasa takut (yup, for the first time) sepanjang pengalaman gw naek pesawat, sejak gw dipercayakan bokap bwt bolak-balik MDO-JKT dari kelas 2 SD (not to mention bolak-balik tiap taun pula, karena alasan keluarga yang terpisah di dua pulau dan diseberang lautan.

Goyangnya nggak tanggung2, udah bukan horisontal lagi (sekedar berayun ke kiri dan ke kanan), tapi udah diagonal, dan bahkan vertikal (and I'm serious on it)...
Gw ngelirik ke jendela (gw di tengah, adek gw Gina yg pas di samping jendela)...
OMG, ternyata qt lagi terbang di dalem awan... Yup, bukan di bawah, samping, ato di atas, melainkan di DALAM awan...
Bukan awan biasa pula, tapi awan mendung gitu deh...
Jendela udah basah ama embunnya tuh awan, and suddenly...
Flashlight gede nyambar dari sisi kiri pesawat (gw, Gina, n sepupu gw Wulan di sisi kanan)...
Heran gw, siapa toh yang badai-badai gini malah poto2...
Alamak, bukan blitz kamera tuh, ada kilat deket banget ama pesawat...

Seorang ibu yang pas duduk di sebelah kiri pesawat (satu baris di depan gw) mulai panik n teriak2 di kabin... Pramugarinya mo ndeketin, tapi malah sempoyongan, n nggak jadi...
Suasana cabin dah beneran tegang... Gw yakin semua orang udah mulai panik dengan cara mereka masing-masing...

Me...?
Pasrah udah jadi pilihan utama...
Kalo emang udah sekarang saatnya, mo ngapain lagi toh?


Eventually, we're managed to get out from that cursed cloud...
Langit biru langsung keliatan lagi (sekitar 20 menit-an sebelum landing di Balikpapan, transit)...

Udah berakhir?
Oh, belum sodara2...
setengah jam sebelum mendarat di Sam Ratulangi MDO, kejadian serupa kembali terulang, cuma, dalam skala yang lebih kecil dibanding yang pertama.
But, trust me, rasa paniknya justru lebih gede lagi... (will we make it again this time?)

Tapi, sejarah keselamatan juga ternyata kembali terulang...
N once again, gw termenung penuh syukur...





Berbeda juga emang rasanya kalo kita dalam situasi yang bikin kita bener2 ngerasa nggak punya power sama sekali...
Situasi di mana kita cuma jadi peserta...
Situasi di mana status kita hanyalah 'price-taker'...
Situasi di mana perbedaan bukanlah hal yang menjadi hak prerogatif kita...

Satu hal yg gw pelajari (hal yang sebenarnya udah berkali2 dijejalin ke otak gw, tapi belum pernah gw anggep serius...)
Hidup bukan dalam kontrol kita (manusia)...
So, selama lo masih bisa, jalanin lah dengan se-sedikit mungkin keluhan... Coz, from my humble opinion, we actually don't have the single right to do that...
Selain itu, loe gak bakal tau kapan saatnya dateng. Konsekuensinya, kelarin masalah yang elu bisa kelarin sekarang juga, at least secepatnya... (di akhir taun 2006 kemaren, langkah ini yg gw tempuh ama mereka yang 'acquinted' ama gw... And gosh, it's sooooo relieving... Bwt pertama kalinya gw merasa bener2 dianggap n diakuin... Feels so good to make them happy, also.)


Sekedar turbulence (goncangan di udara) mungkin cuma sebuah peristiwa kecil yang bisa jadi sudah biasa... Namun, sekedar goncangan tersebut setidaknya sudah memunculkan satu makna baru bwt gw (n mungkin beberapa orang lain di Pesawat Batavia Air tersebut)...

Kapan turbulence yang 'sebenarnya' akan menjemput...
Setidaknya, do something dulu lah...

6 comments:

Martha-Happy said...

pasti gara-gara adam air jatoh, ya khan?

heran ya, tuch pesawat kemana ngilangnya?soalnya berita yang katanya bangkai pesawat dah ketemu trus 12 orang selamat khan cuma boong doang..

chaa said...

adam air itu mampir di halaman gw Hap..

Roclus said...

@HepHep : Sebenarnya, gw terakhir bener2 ngerasa 'aman' ama pesawat tuh waktu Sempati (alm.) masih ada (bokap dulu di sono). Sejak dy kolaps, n justru muncul yg 'cilik2', berita pesawat kepeleset ato nyungsep jadi meningkat pesat...


@Wiyd : Wah, kepedesan ya? Ampuuuunnnn... Maklum, yang bikin tante gw, tulen sono... Btw, jangan ampe laper idung! Baunya emang ngerangsang tenggorokan, tapi kasihan nanti ama saluran terakhir elo :p


@Narz : Trus, elo ajak poto2 juga?





~Turut berduka cita utk korban kecelakaan pesawat Adam Air...~

Martha-Happy said...

kata bu surjanti ismarjanto: kalo anek pesawat yang tiket nya sektar 200 ato 300 yahh dibawah gopek lahh, jangan minta selamet...bnyak -banyak doa aje!

mas adam ngilang kemana yah?apa mbak inul gak nyariin? he..he

chaa said...

iya doonk! berbagai gaya pula,, ;p

--peace--

Roclus said...

hush, orang berita duka koq banyak becandanya (di blog gw lagi... Susah emang anak jaman sekarang :p)